About Me

saya bukanlah pebisnis internet yang sukses. Saya hanyalah seorang mahasiswa kedokteran yang ingin membagi pengetauan yang saya miliki...

search

Kamis, 11 Desember 2008

Arti Kesehatan

Kesehatan adalah harta yang paling berharga yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang patut untuk kita syukuri. Kesehatan juga adalah hak asasi kita sebagai manusia. Karena dengan raga yang sehat, maka kita akan bisa melakukan aktivitas yang kita inginkan tanpa adanya hambatan kesehatan seperti sakit atau tubuh kurang fit.
Kesehatan juga bisa berarti bebas dari penyakit-penyakit dan merasa fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kesehatan juga bisa berarti hidup sehat dan seimbang karena menjadi sehat adalah keinginan semua makhluk hidup, terutama manusia yang setiap harinya diipenuhi oleh aktivitas yang menuntut untuk selalu sehat. Dengan memahami arti kesehatan, sudah seharusnya kita sejak dini mulai sadar dan meninggalkan hal-hal menjauhkan kita dari rasa sehat. Berhentilah merokok, karena dengan berhenti merokok kita sudah selangkah lebih maju untuk hidup sehat, rajinlah memeriksakan diri agar bila ada penyakit lebih dini bisa terdeteksi, makanlah makanan bergizi seimbang dan rajinlah berolahraga juga tidak lupa tidur yang cukup. Dengan melakukan perilaku sehat, maka kita sudah bisa memahami arti kesehatan dan menerapkannya di kehidupan kita dan membuat kita menjadi insan yang sehat.
Seperti motto Mensano in Corporesano yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Dengan ini kita bisa mengerti akan pentingnya kesehatan bagi tubuh kita. Karena dengan tubuh yang sehat akan menghasilkan jiwa yang kuat. Bagaimana kita bisa menerima pelajaran dengan baik bila kita tidak menjaga tubuh kita sehat setiap harinya. Karena bila tubuh kita sehat, kita juga mudah memahami pelajaran dan aktif dalam belajar.
Sehat juga tidak selalu berarti bebas dari penyakit. Tapi sehat juga bisa berarti mengerti dan percaya akan kemampuan diri sendiri. Orang yang sehat harus menjaga lingkungan sekitarnya untuk menghasilkan lingkungan yang sehat untuk dihuni.
Kesehatan tidak hanya menyangkut kesehatan fisik semata, tetapi juga kesehatan emosional dan spiritiual. Kesehatan emosional sangat mempengaruhi kesehatan fisik kita. Bila kita mempunyai masalah dan sedih, pasti diri kita terasa lemas dan tidak fit untuk melakukan aktivitas. Sama halnya bila kondisi spiritual kita juga kurang sehat, karena dengan kombinasi ketiganyalah kita dapat menjalani dan memahami arti kesehatan dalam hidup kita.
Jadi, tidak cukup bila kita hanya memahami arti kesehatan. Kita harus menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Menerapkan perilaku sehat dan selalu seimbang dalam kesehatan fisik, emosional dan spiritual. Karena kesehatan jiwa adalah cermin kesehatan individu seseorang.

Tidak ada komentar:

Hasil Pencarian

 
Design by Amanda @ Blogger Buster